Mengenal Siie
TETRIS
Hayoo
siapa yang tak kenal sama game satu ini ?? itu siie TETRIS. . Semua orang di dunia pasti sudah mengenal game ini. Game yang berbasis brain game ini adalah game kuno yang sangat mengasyikan sebab dalam
game ini, kita harus bisa menyusun beberapa jumlah susunan balok yang dapat
diubah-ubah agar bisa saling mengunci dan kemudian mendapat nilai untuk dapat
naik ke level berikutnya. TETRIS
adalah permainan teka-teki bangunan yang pertama
kalinya di desain oleh Alexey Pajitnov pada bulan Juni 1985.
Algoritma game tetris
Permainan tetris ini
menggunakan pendekatan algoritma greedy dan brute force. Algoritma Greedy
memecahkan masalah langkah per
langkah, pertama algoritma ini akan mengambil pilihan yang terbaik yang dapat diperoleh
pada saat itu tanpa memperhatikan konsekuensi ke depan.
Algoritma Greedy mengacu kepada prinsip “take what you can get now.
.!”
lalu berharap bahwa dengan
memilih optimum local pada setiap langkah akan berakhir dengan optimum global.
Sedangkan Algoritma Brute Force adalah sebuah pendekatan yang sesuai
(straightforward) untuk memecahkan suatu masalah, biasanya didasarkan pada
pernyataan masalah (problem statement) dan definisi konsep yang
dilibatkan. Algoritma brute force memecahkan masalah dengan
sangat sederhana, langsung dan dengan cara yang jelas (obvious way).
Algoritma yang digunakan untuk
mendapatkan susunan tumpukan balok yang paling baik dengan menempatkan balok ke
tempat yang tepat. Dalam mencari langkah solusi yang paling menguntungkan
digunakan algoritma dengan prinsip Greedy.
Prioritas keuntungan yang
tersusun terdiri dari :
1. Membentuk satu atau
lebih baris paling penuh.
2. Membentuk satu atau
lebih baris paling mendekati penuh.
3.
Tidak membentuk ruang kosong
pada susunan tumpukan balok.
4. Balok dapat masuk ke dalam susunan tumpukan balok
paling dalam.
Permainan tetris ini
menggunakan 7 jenis balok dalam permainan nya, berikut jenis-jenis nya :
Penggunaan Matriks dalam pembuatan Tetris
Pada game tetris, terdapat
blok-blok yang akan kita susun secara horizontal ataupun vertikal blok-blok
tersebut dinamakan dengan grid. Jumlah tiap baris grid tergantung pada si
pembuat tetris, di pembahasan
ini kita ambil saja contoh tiap baris grid senilai 15 grid. Grid tersebut pada
pemrograman kita buat dengan menggunakan matriks berdimensi 2. Contoh :
___________________
o o o o
o o o o
__________________
Sebagai contoh gambar diatas adalah matriks ukuran 4x3
(4 kolom, 3 baris). Begitu pula pada tetris juga memiliki ukuran kolom x baris
(m x n). Pada kolom 1 baris 1, memiliki index[0,0]. Pada kolom 1 baris 2,
memiliki indexnya[0,1]. Pada kolom 1 baris 3, memiliki index[0,2]. Pada kolom 2
baris 1, itu indexnya[1,0]. Pada kolom 2 baris 2, itu indexnya[1,1] dan s
seterusnya. Di sini kami anggap susunannya terlihat seperti pada matriks
dibawah ini :
[0,0] [0,1] [0,2] [0,3]
[1,0] [1,1] [1,2] [1,3]
[2,0] [2,1] [2,2] [2,3]
Baris paling atas pada tetris (baris 1)
memiliki index [0,n] sampai [0,n+1]. Sehingga dapat kita anggap ukuran layar
tetris [m,n]. Setiap ada blok yang turun atau berjatuhan kita definisikan
sebagai, m+1 dan setiap bergeser kekanan n+1 dan setiap kekiri n-1
Pada permainan tetris ini
apabila blok yang berjatuhan telah melampaui batas dari layar tetris [m,n] maka
permainan akan berakhir (game over) sehingga apabila ada baris yang penuh
(sesuai dengan syarat) maka baris tersebut akan dihapus.
Uses Keys
in game
---------------
* ESC = Quit the game
* z = Rotate the piece
* x = Drop piece
* Left, Right, Down = I will not offend
your intelligence
>>>> Hasil Program Game :




Thanks Ya.. Sangat Membantu
BalasHapus