REKAYASA PERANGKAT LUNAK
n RPL atau Software
Engineering (SE) à Disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi
perangkat lunak, mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan
sistem setelah digunakan. Ada 2 istilah kunci disini :
Ø
“disiplin
rekayasa” perekayasa membuat suatu
alat bekerja. Menerapkan teori, metode,
dan alat bantu yang sesuai, selain itu mereka menggunakannya dengan selektif
dan selalu mencoba mencari solusi terhadap permasalahan.
Ø
“semua
aspek produksi perangkat lunak” RPL
tidak hanya berhubungan dengan proses teknis dari pengembangan perangkat lunak
tetapi juga dengan kegiatan seperti Manajemen proyek PL dan pengembangan alat
bantu, metode, dan teori untuk mendukung produksi PL.
Perbedaan antara RPL dengan Computer Science
Intinya, computer science berhubungan
dengan teori dan metode yang mendasari sistem komputer dan perangkat lunak,
sedangkan RPL berhubungan dengan praktek dalam memproduksi perangkat lunak.
Perbedaan RPL dengan Rekayasa Sistem
Rekayasa sistem berkaitan dengan
semua aspek dalam pembangunan sistem berbasis komputer termasuk hardware,
rekayasa PL dan proses. RPL adalah bagian dari rekayasa sistem yang meliputi
pembangunan PL, infrasktruktur, kontrol, aplikasi dan database pada sistem.
Biaya Rekayasa Perangkat
Lunak
n Umumnya sekitar 60% untuk
biaya pengembangan (development) dan 40% biaya pengujian (testing).
n Distribusi biaya yang
tepat selama proses perangkat lunak bergantung pada proses yang digunakan dan
jenis perangkat lunak yang dikembangkan.
Metode-metode RPL
n Pendekatan-pendekatan
terstruktur terhadap pengembangan perangkat lunak mencakup model, notasi,
aturan, saran pengembangan sistem (rekomendasi), dan panduan proses.
· Deskripsi model sistem à Deskripsi model yang
harus dikembangkan dan notasi yang digunakan untuk mendefinisikan model-model
ini. Ex : model aliran data.
· Aturan à Batasan yang berlaku bagi
model sistem. Ex : Setiap entitas pada model sistem harus memiliki nama yang
unik.
· Rekomendasi à Saran dalam membentuk
perancangan yang baik. Ex : Tidak ada objek yang memiliki lebih dari tujuh
sub-objek yang berhubungan dengannya.
· Panduan Proses à Aktifitas yang bisa
diikuti untuk mengembangkan model sistem. Ex : Atribut objek harus
didokumentasi sebelum mendefinisikan operasi yang berhubungan dengan objek.
Tantangan Kunci yang
dihadapi RPL
1.
Tantangan Warisan (Legacy) à Tantangan memelihara dan
meng-update PL sedemikian sehingga biaya yg berlebihan dapat dihindari dan
layanan bisnis yg penting tetap dilakukan.
2.
Tantangan Heterogenitas à Tantangan teknik pengembangan untuk
membangun perangkat lunak yang dapat diandalkan dan cukup flexibel untuk
menghadapi heterogenitas yang ada.
3.
Tantangan Pengiriman à Tantangan mempersingkat waktu kirim
sistem besar dan kompleks, tanpa mengurangi kualitas sistem.
dapat di pahami
BalasHapusMy blog
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus